Macam – macam Produk Olahan Coklat

Sebagai salah satu makanan yang menjadi masyarakat dunia, coklat memiliki banyak sekali produk olahannya. Olahan coklat ini menggunakan lemak kakao, bubuk kakao, pasta coklat atau gabungan dari ketiga bahan tersebut. Kuy, kita intip apa saja sih produk olahan coklat yang sangat digemari masyarakat dunia ini.

1. Coklat batang (chocolate bar)

Coklat batang merupakan salah satu bentuk olahan coklat yang sangat umum kita temui. Coklat batang terdiri dari banyak jenis mulai dari coklat putih (white chocolate), coklat susu (milk chocolate), semisweet chocolate, bittersweet chocolate, sampai dark chocolate yang sangat bagus untuk diet. Selain banyak varianya coklat batang ini memiliki isian yang juga bermacam – macam. Isian paling umum kita temui yaitu almond, mede, kacang, dan karamel. Selain isian – isian tersebut ada isian yang cukup unik juga seperti parutan kelapa. Coklat batang terbuat dari lemak kakao, bubuk kakao, dan pasta coklat. Pada sebagian produk lemak kakao ini diganti dengan CBS atau pensubstitusi lemak kakao dari minyak inti kelapa sawit atau minyak kelapa. Hayo siapa yang belum pernah makan coklat batang??

2. Coklat praline

Coklat praline sering disebut juga permen coklat. Produk olahan coklat yang satu ini terbuat dari coklat compound pada umumnya atau coklat couverture. Coklat praline dicetak dalam berbagai bentuk, maka dari itu coklat praline disebut juga sebagai coklat cetak. Coklat praline biasanya berisikan kacang – kacangan, buah kering, selai, atau krim. Coklat praline berasal dari Prancis, meskipun akhirnya Belgia dan Amerika Serikat juga menemukan cara membuat coklat praline. Di negara asalnya almond dan gula dihaluskan kemudian dimasukkan sebagai isian coklat. Belgia juga membuat coklat praline serupa dengan Prancis. Di Belgia coklat praline juga dapat diisi dengan buah ceri atau marzipan. Berbeda di dua negara lainnya, di Amerika Serikat praline disajikan serupa dengan kue yang bertekstur kenyal.

 

Coklat Praline
                         Coklat Praline

3. Coklat truffle

Coklat truffle merupakan coklat yang dibuat dengan tangan, berbeda dengan coklat praline yang dibuat dengan cetakan. Secara bahan dan isian coklat truffle sama dengan coklat praline. Coklat truffle dibuat dengan cara melelehkan coklat batang dan kemudian dibentuk dengan menggunakan tangan. Kelihaian tangan menjadi penentu bagus atau tidaknya bentuk yang dihasilkan. Coklat truffle pada umumnya berbentuk bulat, kotak, atau kerucut. Coklat truffle yang asli berasal dari coklat ganache yang ditaburi dengan coklat bubuk. Namun saat ini coklat truffle dibuat lebih berkreasi dengan isian yang bermacam – macam.

coklat Truffle
                      Coklat Truffle

Apabila anda pecinta coklat dan sedang mencari peluang usaha, silahkan menghubungi kami. Coklat disukai semua orang jadi sangat tepat kalau dijadikan sebagai salah satu peluang untuk menambah usaha sampingan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *