Couverture , Coklat yang Sebenarnya

Coklat couverture

Buat Anda yang suka berkreasi di dapur, cokelat bisa menjadi bahan olahan yang dapat divariasikan dengan banyak cara. Bisnis coklat karakter saat ini sedang digemari oleh banyak orang. Bisnis ini sangat mungkin dikembangkan dalam skala rumahan. Bisnis ini pada umumnya menggunakan coklat compound sebagai bahan bakunya. Secara garis besar coklat batang atau coklat makan ini dibagi menjadi dua yaitu coklat compound dan coklat couverture. Coklat compound dijadikan bahan baku coklat karakter karena karakteristiknya yang lebih mudah untuk diolah dan ditangani serta untuk bisnis online yang sangat mengandalkan jasa pengiriman, coklat jenis ini tidak mudah leleh dalam perjalanan dibandingkan couverture. Artikel kali ini tidak akan membahas coklat compound lebih jauh, tapi akan membahas saudaranya yaitu Couverture yang biasa disebut real chocolate. 

Couverture terbuat dari lemak coklat asli. Inilah yang menjadikan couverture lebih lumer ketika di mulut dan ini juga yang menyebabkan couverture harus selalu disimpan di suhu dingin karena sangat mudah leleh. Lemak coklat ini memiliki karakter yang sangat uik yaitu titik lelehnya tepat di bawah suhu dari mulut manusia yaitu berada di antara 34 – 35 derajat Celcius. Soal rasa dan harga jangan ditanya lagi. Harga dari couverture ini bisa tiga kali lipat dari harga coklat compound. Harga sepadan dengan rasanya. Tapi untuk orang Indonesia mungkin lebih suka coklat compound karena orang Indonesia lebih suka coklat yang tidak langsung leleh di mulut tapi bisa dikunyah. Hal ini juga tidak lepas dari coklat yang umum beredar di pasaran Indonesia adalah coklat compound. Padahal Indonesia salah satu negara penghasil coklat kualitas terbaik di dunia. Bahkan Indonesia merupakan negara pengekspor terbanyak biji kakao dari varietas criollo yang dikenal sebagai coklat mulia. Sedikit tentang jenis biji kakao ini saya bahas di halaman dengan judul Coklat atau Cokelat.

Kembali ke coklat couverture. Coklat couverture setidaknya harus memiliki kandungan lemak coklat 32%. Couverture lebih sulit untuk ditangani atau diolah, oleh sebab itu hanya tangan – tangan terlatih yang mampu mengolah couverture menjadi berbagai macam bentuk olahan tanpa merubah karakteristiknya. Couverture ini biasanya dipakai oleh bakery hotel dan sekelasnya mengingat harganya yang lumayan dan proses pengolahannya yang membutuhkan perlakuan khusus. Coklat couverture selain mengandung lemak coklat juga mengandung bubuk coklat murni pada komposisinya. Kalau lemak coklat memberikan tekstur yang khas terutama saat lumer di mulut, bubuk coklat ini berperan sebagai penghasil rasa dan aroma yang kuat. Maka untuk Anda yang sangat suka makan coklat cobain makan real chocolate, coklat yang sebenarnya yaitu couverture.

Couverture ini di Eropa sering dijadikan bahan untuk coklat fountain atau air mancur coklat di pernikahan – pernikahan atau perayaan – perayaan. Proses paling susah dari pengolahan coklat couverture adalah proses tempering. Hanya yang benar – benar ahli dan berpengalaman yang dapat melakukannya. Cokelat pertama – tama ditim dulu dengan suhu 50 derajat Celcius kemudian suhunya diturunkan hingga 26 derajat Celcius. Setelah itu suhu dinaikkan lagi menjadi 32 derajat Celcius. Jika proses tempering ini berantakan maka akan didapatkan coklat yang lembek dan susah digunakan untuk dekorasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *